Jumat, 23 Desember 2011

Liburan Seru Ala Sundari

Sengaja aku tidak pulang pas liburan natal dan tahun baru ini. Aku beralasan seadainya aku pulang, maka banyak waktu luang yang aku sia-siakan di rumah tnpa berbuat seuatu. Untuk itu, aku tidak beranjak dari Kota Bogor, tempat aku menimba ilmu.
Di liburan ini, aku menghabiskan waktu luangku untuk persiapan UAS, merawat kebun kakao, belajar banyak hal mulai dari kemandirian dan kesendirian, jalan-jalan keliling kampus dan Jakarta. Awalnya aku merasa bingung untuk pulang ataupun tidak. Ibu, kakak, dan Ayah selalu memintaku untuk pulang, tapi aku menjawabnya dengan tegas, BESOK, SETELAH UAS SELESAI SAJA. Aku terus berusaha untuk menahan rasa kangen dengan orang-orang yang aku cintai untuk beberapa saat, yaitu kurang lebih  satu bulan. Toh disini aku tidak sendirian, masih banyak teman-temanku yag tidak pulang.
Hari pertama liburan, aku menghabiskan waktu luangku untuk mengunjungi pekarangan dan belajar persiapan UAS. Aku bersama-sama teman lain melakukan apa yang selayaknya dilakukan para petani, merawat tanaman, menyianginya dari gulma. aku merasa sangat senang karena tempat dimana aku merawat tanaman itu sangat nyaman, termasuk sang pemilik rumah.

Hari kedua, aku mengunjungi kebun kakao untuk yang pertama kalinya. Ada Asep, Takbir, Fuad, Atika, Nafi, Wida, Selly, Ika, dan kamil di sana. Kami melakukan penyemprotan fungisida dan memotong cabang air dan cabang negatif dari tanaman kakao. Lelah sih, tapi sangat menyenangkan, apalagi ada Pak Ade dan Pak Pieter yang senantiasa membimbing kami. Ada kejadian lucu pas hari kedua ini, yaitu ternyata semprotan yang digunakan merupakan bekas herbisida yang apabila disemprotkan ke daun tanaman, maka tanaman akan mati. Tapi, hari itu kami sangat beruntung. Hujan turun dengan sedikit lebat dan itu dapat menghilangkan sisa herbisida dari daun kakao. Hari itu juga, Pak Ade dan Pak Pieter mngusulkan sebuah rencana kunjungan ke kebun kakao di daerah Bandung, Jawa Barat. Hari ini aku merasa sangat senang karena dapat melakukan hal-hal yang bermanfaat. Tapi hal yang paling seru adalah makan bareng di bawah tanaman kakao.

Hari ketiga, kami tetap melanjutkan pemangkasan cabang air dan cabang negatif. Tidak terlalu lama sih, tapi cukup melelahkan juga. Tidak lupa di akhir sesi hari ini, kami melakukan foto dan makan bareng.

Hari keempat, aku pergi ke Jakarta bareng Ricky, Dana, Jabar, Agung, Izul, Puspita, dan Nafi. Kami awalnya pergi ke Monas dengan KRL. Sialnya, kami tidak dapat duduk dari Bogor sampai ke Stasiun Gambir, Jakarta Pusat. Setelah puas jalan-jalan di Monas, kami melanjutkan perjalanan ke Tanah Abang dengan berjalan kaki. Sebenarnya jauh, tapi karena rame-rame jadi berasa dekat dan seru. Di sepanjang jalan Thamrin, tak lupa kami menyempatkan foto-foto, karena ini adalah kali pertama kami jala-jalan di sini. Aku bisa liat Gedung Bank Indonesia, Bank Mandiri, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Kementerian Agama, Kementrian Teknologi dan Riset, Museum Antara, Indosat, MNC TV, dan masih banyak gedung lainnya. Sampai di Tanah Abang, kami langsung pergi untuk belanja, walaupun cuma dapet satu baju dengan harga 30.000, tapi seru banget dapat naik dari lantai satu ke lantai dua belas. Pulang dari Tanah Abang, kami lansung cari makan di Hoka-Hoka Bento, Sarinah. Kami makan rame-rame di sini. Habis itu, ke MC Donald buat beli es krim. Di tengah perjalanan, kami kehilngan satu teman yaitu Nafi yang harus pulang ke Bekasi. Tapi tak apalah, kami lanjutkan lagi ke Monas. Di sini, kami membuat video dari suara Dana dan Ricky. Seru banget pas malam-malam di Monas. Sekitar pukul 19.00 kami ke Gambir untuk pulang lagi ke Bogor. Lagi-lagi kereta penuh. Terpaksa kami harus berdiri. Karena tinggi badanku yang rata-rata orang Indonesia, aku tidak dapat memegang pegangan di kereta. Terpaksa aku mengandalkan tangan Dana, badan Izul dan tas Jabar. Tetep, walaupun lelah yang kami hadapi kami masih dapat tertawa puas di dalam kereta. Pas sampai di Stasiun Depok, barulah kami dapat duduk dan itupun harus ngampar di lantai. Tapi banyak keseruan yang aku dapatkan selama di kereta. Kami sampai di Bogor sekitar pukul 20.30 dan aku sampai di kosan pukul 21.30. Aku merasa sangat bahagia hari itu. Kebersamaan bersama mereka tak dapat aku lupakan. I LOVE MY FRIENDS.

Masih ada lanjutan cerita keseruan liburan dari Aku. Tunggu lagi yah di hari berikutnya